Selasa, 03 Februari 2015

KASIR KANTOR DEPAN(front office cashier)

Pengertian kasir kantor depan

animasi blog
   Proses penyelesaian rekening tamu (guest bill)
Merupakan tahap akhir dari kegiatan tamu di hotel.pada saat tamu(check out) merupakan saat FO cashier memberikan kesan terakhir(last impression) kepada para tamu
Front office cashier adalah seorang karyawan yang yang sifat nya unik di kantor depan, Dalam buku perkasiran hotel menyebutkan bahwa kasir adalah orang yang bertanggung jawab terhadp uang yang di terima mau pun uang yang di keluar kan selam bertugas(to received and pay out money)
Dari definisi di atas dapat di katakan bahwa  front office cashier adalah  petugas hotel yang menangani keuangan kantor depan ,dengan mencatat semua fasilitas hotel yang di gunakan  tamu dan menerima  pembayaran dari tamu –tamu pada saat check out
2.persyaratan petugas di front office
Employe front office cashier di hotel mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal menangani administrasi keuangan hotel,baik yang berkaitan ddengan pendapatan hotel maupun pengeluaran berbagai macam biaya .Oleh karena itu, seorang front office cashier harus mempunyai persyaratan sebagai berikut
• kejujuran(honesty)
•Ketelitian(punctuality)
•Hati-hati(carefullly)
•Dapat di percaya(reliability)
•Bertanggung jabab(responbily)
•Cekatan(accuracy)
•Penolong(helpful)
•Ramah(courteous)
•Kerapian (well gromed
Tugas dan tanggung jawab front office
a.Cashier front office
           kasir front office bertugas melaksanakan penerimaan hasil pendapatan di front office  hotel
b.Ruang lingkup front office cashier
1.Penanganan pembayaran tamu hotel
2.Pelayanan tukar uang asing(money changer)
3.Pelayanan titip barang berharga
4.Penyusunan hasil rekapitulasi hasi penjualan hotel

c.Persiapan front office cashier
1.Menyiapkan area tugas nya
2.Menyiapkan peralatan/perlengkapan kerja,misal nya mesin kas register,formulir rekening tamu,dan sebagainya
3.Menyiapkan uang kontan yang di perlukan
4.Menyiapkan seluruh intruksi yang telah di terima,misal nya uuntuk penukaran uang asing,titip barang berharga dan sebagainya
5.Menyiapakan harga jual yang berlaku saat ini

Pada dasar nya,pembayaran yang di lakukan oleh tamu pada saat check out ada dua jenis yaitu:
1.pembayaran kontan/cash
a.Hotel menerima pembayaran kontan/cash dalam bentuk rupiah atau uang asing yang di tetapkan pimpinan hotel
b.Bentuk pembayaran kontan di terima berupa:
•uang kertas
•Uang logam,kecuali untuk uang asing
•Kertas berharga sebagai ganti uang kertas yang telah di sahkan  oleh peraturan pemerintah,misal nya traveler’s check,check dari bank,dan sebagainya
2.Pembayaran kredit/bon
a.Hotel menerima pembayaran kredit sesuai dengan intruksi antara lain dalam bentuk:
•Kartu kredit(credit card),jenis kartu kredit yang lazim/umumnya di terima di indonesia,misal nya american express(amex),bank central asia(bca),dinner’s club,visa card,master card,jcb(japan city bank)dan sebagai nya
•Tanda tangan tamu,misal nya untuk tamu yang menginap di hotel atau tamu  dari perusahaan tertentu yang telah di setujui oleh pimpinan hotel

b.Setiap penerimaan pembayaran kedit harus teliti dengan jaminan atas penagihan nya,misal nya nama dan alamat tamu yang pasti,peralatan khusus untuk pembayaran kartu kredit,jaminan perusahaan dan sebagai nya
c. keragu-raguan atas pembayaran kredit harus segera di laporkan ke atasan nya atau bagian yang memberi izin tentang jenis kartu kredit tersebut
Hal-hal yang menjadi catatan dan jadi perhatian serius dalam pembaaran antara lain:
a.Pembayaran dengan menggunakan check pribadi sebaik nya jangan di terima kecuali seizin pimpinan hotel atau yang mewakili nya
b.Pembayaran dari check bankharus terjamin pengguangannya dan secara umum,hotel hanya menerima pembayaran kredit dari perusahaan/instasi yang di anggap bonafit atau tidak sulit dalam penagihan nya
c.Hotel wajib menyusun daftar perusahaan/perorangan yang di anggap lancar dalam pembayaran kreditnya untuk selanjut nya di tetap kan sebagai tamu langganan ,dan yang susah/tidak lncar dalam pembayaran kredit nya untuk di tetap kan sebagai tamu yang di ragukan atau di layanni dalam pembayaran kontan/cash

animasi blog
Tautan ini di ambil di situs https://rajaperhotelan.wordpress.com di buat oleh 



12 komentar:

  1. form apa saja yang digunakan di fo cashier ?

    BalasHapus
  2. form apa saja yang di gunakan di fo cashier ?

    BalasHapus
  3. bisa dijelaskan perbedaan front office chasier dan dapartemen yang ada di hotel..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya , perbedaan front office chasier jelas berbedaa , karena mereka msing" memiliki tugas masing", dan front office chasier adalah sectionnya , sedangkan departemen yang mecakup semua yg ada di hotel. ituu mnrut saya trmakasih :)

      Hapus
  4. apakah dihotel kecil dan hotel besar memiliki front office chasier??? :D :P

    BalasHapus
  5. Waoow good wiwin, bisa dijelaskan menurut anda kenapa fo cashier dibilang unik?

    BalasHapus
  6. karena fo chasier to menangani keuangan,dan mengurus administrasi hotel,mnrut saya begitu sekar 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya , di hotel besar dan kecil memiliki front office chasier ,biasanya saat ini hotel besar maupun kecil front office chasier dan recepcionist sudah jadi satu untuk membayar langsung .
      itu mnrut saya, jika kurang tolong tambahkan :) trmksih

      Hapus
  7. Menurut Anda FO Cashier bagian dari departemen FO atau Finance? Berikan alas an Anda?

    BalasHapus
  8. Bagaimana cara mengatasi jika seorg FOC salah memosting data ?

    BalasHapus